Paus Fransiskus akui pelecehan seksual terhadap biarawati oleh pastor

Ini merupakan kali pertama Paus Fransiskus berbicara secara terbuka mengenai pelecehan seksual yang menimpa para biarawati.

Paus Fransiskus saat berkunjung ke Uni Emirat Arab. Instagram/@fransiscus

Paus Fransiskus pada Selasa (5/2) mengatakan bahwa Gereja Katolik Roma tengah bergulat dengan isu pelecehan seksual yang menimpa para biarawati oleh para pastor, bahkan uskup. Itu merupakan pertama kalinya, dia secara terbuka mengakui persoalan ini.

Sejumlah biarawati Katolik menuding para pastor melakukan pelecehan seksual dalam beberapa tahun terakhir di India, Afrika, Amerika Latin, dan Italia. Dan sebuah majalah Vatikan pekan lalu melaporkan, ada korban yang melakukan aborsi atau ada pula yang memilih melahirkan.

Namun, selama itu pula, Paus Fransiskus tidak pernah mengangkat isu ini sampai akhirnya dia dimintai komentarnya selama konferensi pers di atas pesawat kepausan yang membawanya kembali ke Roma dari perjalanannya ke Uni Emirat Arab.

"Itu benar," ungkap Sri Paus. "Ada pastor dan uskup yang telah melakukan itu."

Pengakuan oleh Paus Fransiskus ini membuka front baru dalam skandal pelecehan seksual yang telah berlangsung lama oleh para pastor. Selama bertahun-tahun para biarawati telah mencoba meminta perhatian atas penderitaan mereka.