Paus Fransiskus: Katakan tidak pada Holocaust

Setiap 27 Januari diperingati sebagai hari pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz.

Ilustrasi kamp Auschwitz-Birkenau. / Pixabay

Paus Fransiskus pada Minggu (26/1), meminta 1,3 miliar umat Katolik dunia untuk sejenak berdoa dan merenung pada peringatan 75 tahun pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz serta mengatakan "never again" pada Holocaust.

"Besok, kita semua dapat berhenti sejenak untuk berdoa dan merenung, masing-masing dari kita berkata dalam hati: 'never again, never again'," kata Sri Paus di hadapan puluhan ribuan orang Lapangan Santo Petrus.

Lebih dari satu juta orang yang kebanyakan dari mereka adalah Yahudi, dilaporkan dibunuh di Kamp Auschwitz-Birkenau selama Perang Dunia II. Dan secara keseluruhan, disebut sekitar enam juta orang Yahudi tewas dalam Holocaust.

Atas perintah Fransiskus, Vatikan pada Maret akan membuka arsip rahasia pada masa kepausan Paus Pius XII, sebuah keputusan bersejarah yang lama diharapkan kaum Yahudi.

Beberapa orang Yahudi mengatakan bahwa Paus Pius, yang memerintah dari 1939 hingga 1958, tidak cukup membantu orang-orang yang menghadapi penganiayaan oleh Nazi Jerman dan menutup mata terhadap Holocaust. Vatikan sendiri menyatakan bahwa Pius memilih untuk bekerja di belakang layar.