PBB kutuk penahanan sewenang-wenang pengungsi Iran di Australia

Mr A didakwa dengan empat pelanggaran dan, sebagai orang asing tanpa visa, ditahan wajib.

Mr A telah ditahan di Pusat Penahanan Imigrasi Villawood Sydney sejak 2017. Foto Torsten Blackwood-AFP

Kelompok Kerja Dewan Hak Asasi Manusia PBB (UNHRC) tentang penahanan sewenang -wenang menyatakan pemenjaraan pria itu menjadi "de facto", "kelewat batas", dan melanggar hukum internasional.

Pencari suaka, yang lebih suka dikenal sebagai Mr A untuk keselamatan keluarganya, melarikan diri dari Iran pada 2010 melalui Indonesia, tiba di Australia akhir tahun itu dengan perahu. Dia ditahan dalam penahanan imigrasi selama 18 bulan ke depan sementara kasusnya dinilai sebelum diberi visa sementara.

Dia menghabiskan enam tahun berikutnya hidup sebagai pencari suaka di komunitas Australia. Namun pada 2017, ia ditahan lagi -- dan visa sementara yang dipegangnya telah kedaluwarsa.

“Dia berada di dalam mobil, yang dia uji coba untuk membeli. Dia bersama seorang teman. Ada [dua senjata] di dalam mobil,” kata Alison Battisson, pengacara dan direktur dan pendiri Human Rights For All, sebuah firma hukum pro-bono Australia yang bekerja dengan pengungsi dan pencari suaka.

Mr A didakwa dengan empat pelanggaran dan, sebagai orang asing tanpa visa, ditahan wajib. Dia kemudian dinyatakan tidak bersalah atas tiga dakwaan sementara yang keempat tidak pernah dilanjutkan ke hukuman, dan dia tidak memiliki catatan kriminal.