PBB sahkan resolusi soal sistem kesehatan global yang dinisiasi RI

Resolusi tersebut jadi bukti nyata kiprah Indonesia dalam memperjuangkan solidaritas global bidang kesehatan.

Gedung PBB /Pixabay.

Perserikatan Bangsa-Bangsa, Senin (14/12) di Amerika Serikat, telah mengesahkan resolusi mengenai kesehatan global dan kebijakan luar negeri yang diinisiasi Indonesia. Resolusi tersebut didukung oleh 181 negara anggota PBB lainnya.

Bertajuk "Global Health and Foreign Policy: Strengthening Health System Resilience through Affordable Healthcare for All", resolusi itu menekankan pentingnya layanan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau untuk memperkuat sistem ketahanan kesehatan global.

Resolusi tersebut difasilitasi Indonesia bersama Afrika Selatan, Brazil, Norwegia, Perancis, Senegal, serta Thailand.

"Resolusi ini adalah bukti nyata kiprah Indonesia dalam memperjuangkan solidaritas global terkait kerja sama kesehatan, khususnya di masa pandemik Covid-19, dan hal ini juga merupakan terobosan penting karena akses dan layanan kesehatan yang terjangkau menjadi perhatian semua pihak," jelas Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa (15/12).

Inisiatif Indonesia ini adalah bentuk nyata tindak lanjut dari pernyataan Presiden RI Joko Widodo saat pidato di Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 PBB.