Pelaku bom bunuh diri di gereja Filipina WNI masih hipotesis

Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih menunggu hasil identifikasi pelaku bom bunuh diri yang menyerang gereja di Filipina.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) meninggalkan ruangan seusai rapat kerja tertutup dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (31/1/2019). Antara Foto

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menyanpaikan Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih menunggu hasil identifikasi pelaku bom bunuh diri yang menyerang gereja di Filipina.

“Kita mendengar adanya kabar bahwa pelakunya warga Indonesia, dari kemarin saya sudah berkomunikasi dengan otoritas Filipina namun sampai pagi ini belum terkonfirmasi hasil identifikasinya,” kata Menlu Retno dalam acara Diplomacy Festival di Universitas Andalas, di Padang pada Sabtu, (2/2).

Dari hasil komunikasi dengan otoritas Filipina, kata Retno, bahwa hingga saat ini proses investigasi dan identifikasi masih berlangsung. 

Pihaknya pun masih terus melanjutkan komunikasi dengan otoritas Filipina untuk memastikan pelaku benar warga Negara Indonesia atau tidak. Adapun informasi yang menyebut bahwa pelaku terror bom bunuh diri adalah warga Indonesia disebut Retno masih hipotetikal. 

"Jika betul WNI itu yang akan kami pastikan," kata dia pula.