Pembelian alkes disetujui, Spanyol: Terima kasih Turki

Pada Jumat (3/4), spekulasi muncul di media Spanyol menyebutkan bahwa Turki menyita dan memblokir muatan alat medis ke luar negeri.

Seorang pria dengan masker dan seorang wanita berada di dalam kereta di Istanbul, Turki, Kamis (26/3), di tengah meluasnya penularan Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas

Menteri Luar Negeri Spanyol Arancha Gonzalez Laya berterima kasih kepada Turki pada Sabtu (4/4) karena mengizinkan pembelian alat kesehatan (alkes).

"Terima kasih, #Turki @MevlutCavusoglu atas otorisasi ekspor respirator yang dibeli oleh dua komunitas otonom kami Navarra & Castilla-La Mancha menyusul urgensi di Spanyol, kami menghargai sikap yang ditunjukkan Turki sebagai seorang teman dan sekutu," twit Gonzales.

Thank you #Turkey @MevlutCavusoglu 4 authorising the export of Turkish respirators bought by two of our Autonomous Communities Navarra & CastillaLaMancha in view of the urgency in ???????? we appreciate the gesture of a friend & ally ???????? — Arancha González (@AranchaGlezLaya) April 4, 2020

Pada Jumat (3/4), spekulasi muncul di media Spanyol menyebutkan bahwa Turki menyita dan memblokir muatan alat medis, termasuk peralatan yang dibeli oleh Spanyol, karena memfokuskan itu bagi warganya.

Berbicara dengan televisi lokal Cuatro beberapa menit sebelum mentwit, Gonzales menuturkan bahwa dia sangat menentang seluruh tuduhan tidak adil dan tidak akurat terhadap Turki. Gonzales mengkritik pernyataan partai oposisi dan laporan media.