Gelar penobatan raja 4-6 Mei, pemilu Thailand terancam tak sesuai rencana?

Pemilu Thailand yang direncanakan berlangsung pada 24 Februari 2019 dikhawatirkan berbenturan dengan persiapan penobatan resmi raja.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. REUTERS/Athit Perawongmetha

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn akan menggelar penobatan resmi pada 4-6 Mei 2018. Pengumuman itu disampaikan oleh pihak istana pada Selasa (2/1). Raja akan tampil di muka publik pada hari terakhir.

Penobatan berlangsung lebih dari dua tahun setelah Vajiralongkorn menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej, yang meninggal dunia pada 13 Oktober 2016 di usia 88 tahun setelah memerintah selama tujuh dekade.

Lamanya upacara penobatan raja di Thailand bukan baru kali ini terjadi. Penobatan Bhumibol bahkan digelar nyaris empat tahun setelah dia menjadi raja, tepatnya pada 5 Mei 1950.

Upacara besar kerajaan di Thailand lazimnya akan sangat meriah, namun Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha pada Juni tahun lalu menyatakan bahwa Raja Maha Vajiralongkorn menginginkan penobatannya diadakan dengan cara yang relatif sederhana, meski pun disesuaikan dengan tradisit kerajaan.

Dalam pidato Malam Tahun Baru-nya, Raja Maha Vajiralongkorn mengungkapkan harapannya agar rakyat Thailand dianugerahi kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Dia juga meminta mereka berbuat baik untuk negara.