Penantian sejak 1998, Anwar Ibrahim akhirnya resmi jadi PM Malaysia

Penunjukan tersebut diselesaikan setelah Yang Mulia meminta pendapat dari Penguasa Melayu yang mengadakan pertemuan khusus di Istana Negara.

Penantian sejak 1998, Anwar Ibrahim akhirnya resmi jadi PM Malaysia. Foto Malaytoday

Ketua Pakatan Harapan (PH) Datuk Seri Anwar Ibrahim telah dinobatkan sebagai perdana menteri ke-10 negara itu hari ini, mengakhiri penantian lima hari untuk Malaysia setelah pemilihan umum ke-15 yang digelar 19 November lalu.

Pengawas Rumah Tangga Kerajaan Istana Negara Datuk Seri Ahmad Fadil Shamsuddin dalam sebuah pernyataan hari ini mengatakan Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah telah menyetujui penunjukan tersebut, yang dibuat sesuai dengan Pasal 40( 2)(a) dan Pasal 43(2)(a) Konstitusi Federal.

Penunjukan tersebut diselesaikan setelah Yang Mulia meminta pendapat dari Penguasa Melayu yang mengadakan pertemuan khusus di Istana Negara hari ini untuk membuat keputusan terbaik untuk kepentingan dan kesejahteraan negara dan rakyat, katanya.

Presiden PKR yang juga baru terpilih menjadi anggota Tambun MP itu akan dilantik pada pukul 17.00 hari ini di depan Agong.

Anwar diharapkan memimpin pemerintahan persatuan.