Penasihat senior Trump direkomendasikan untuk dipecat

Penasihat senior Gedung Putih, Kellyanne Conway, dituduh berulang kali melanggar hukum.

Penasihat senior Gedung Putih Kellyanne Conway. REUTERS/Lucas Jackson

Badan pengawas pemerintah Amerika Serikat pada Kamis (13/6) merekomendasikan Kellyanne Conway, penasihat senior Donald Trump, dipecat. Dia disebut telah berulang kali melanggar hukum lewat komentar-komentar politiknya selama bertugas di Gedung Putih.

Gedung Putih menolak rekomendasi tersebut dan meminta badan tersebut segera mencabutnya.

Rekomendasi dari badan bernama The United States Office of Special Counsel (OSC) itu mencap pernyataan Conway dalam wawancara televisi dan unggahannya di media sosial sebagai pelanggaran terhadap Hatch Act, sebuah UU yang disahkan pada 1939 yang melarang pekerja di lembaga eksekutif terlibat dalam kegiatan politik. Presiden, wakil presiden dan beberapa pejabat senior lainnya adalah pengecualian.

OSC, yang dapat membuat rekomendasi semacam itu tetapi tidak memiliki wewenang untuk menegakkannya, merujuk pada komentar Conway yang dianggap menghina kandidat calon presiden asal Partai Demokrat.

"Mengingat bahwa Conway adalah pelanggar berulang dan telah menunjukkan pengabaian terhadap hukum, OSC merekomendasikan agar dia dipecat," sebut pernyataan OSC.
 
Conway menjabat sebagai manajer kampanye Trump pada 2016, menjadikannya sebagai wanita pertama yang memimpin kampanye pemilihan presiden yang berhasil menang. Dia juga dikenal sebagai salah satu ajudan dan pembela Trump yang paling setia dan vokal.