Pendiri WikiLeaks Julian Assange ditangkap

Assange dibawa keluar dari Kedutaan Ekuador dengan diborgol dan dikawal sejumlah orang sebelum akhirnya dimasukkan ke mobil van polisi.

Pendiri WikiLeaks Julian Assange. Twitter/@wikileaks

Pendiri WikiLeaks Julian Assange ditangkap di Kedutaan Besar Ekuador di London, di mana dia diberikan perlindungan sejak 2012 untuk menghindari ekstradisi ke Swedia atas kasus pelecehan seksual yang menimpanya.

Assange mengklaim bahwa jika diekstradisi ke Swedia, kemungkinan dia akan ditangkap oleh Amerika Serikat dan menghadapi dakwaan terkait sejumlah informasi rahasia milik pemerintah yang dia publikasikan di WikiLeaks.

Dia ditangkap pada Kamis (11/4) berdasarkan surat perintah yang dikeluarkan oleh pengadilan Westminster Magistrates' pada 29 Juni 2012 ketika dia gagal untuk dibawa ke pengadilan.

Metropolitan Police Service (MPS) mengatakan, "Dia ditahan di kantor polisi pusat London, sebelum diajukan ke pengadilan Westminster Magistrates' sesegera mungkin."

"MPS memiliki tugas untuk mengeksekusi surat perintah, atas nama pengadilan Westminster, dan diundang ke kedutaan oleh duta besar, setelah penarikan suaka oleh pemerintah Ekuador."