Penembakan di luar sinagoge Jerman, dua orang tewas

Korban adalah seorang wanita yang ditembak di luar sinanoge dan pria yang tengah berada di dalam kedai kebab di dekatnya.

Polisi berkumpul setelah penembakan terjadi di timur kota Halle, Jerman, Rabu (9/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Marvin Gaul

Seorang pria bersenjata melepas tembakan di luar sebuah sinagoge di Jerman tepat pada perayaan Yom Kippur, hari paling suci dalam keyakinan Yahudi. Tragedi ini menewaskan dua orang. Pelaku menyiarkan aksinya secara langsung.

Sejumlah media Jerman menyebutkan bahwa pelaku bertindak sendirian pada Rabu (9/10), ketika beraksi di Kota Halle, Jerman timur. Korban adalah seorang wanita yang ditembak di luar sinagoge dan pria yang tengah berada di dalam kedai kebab di dekatnya.

Dua orang lainnya dilaporkan terluka parah, tetapi MDR menyebutkan bahwa mereka tidak dalam kondisi kritis.

Polisi menuturkan, mereka telah menahan satu orang, yang dilaporkan oleh Spiegel dan Focus Online adalah pria berusia 27 tahun bernama Stephan B. Di bawah UU privasi Jerman, nama lengkapnya tidak dapat dipublikasikan.

"Pasukan kami telah menahan satu orang. Namun, kami tetap waspada. Kami telah mengerahkan pasukan di dan sekitar Halle serta berusaha menstabilkan situasi sampai kami memiliki seluruh informasi yang relevan," twit kepolisian Halle.