Ribuan penerbangan terganggu akibat penutupan wilayah udara Pakistan

Ketegangan antara India dan Pakistan, yang telah memanas sejak pertengahan Februari, semakin meningkat Rabu (27/2).

Ilustrasi / Pixabay

Wilayah udara Pakistan tetap ditutup pada Kamis (28/2) pagi waktu setempat menyusul ketegangan yang semakin meningkat dengan India. Hal itu mengganggu ribuan penerbangan di seluruh dunia untuk hari kedua berturut-turut.

"Seluruh penerbangan komersial internasional dan domestik yang masuk dan keluar dari Pakistan dibatalkan sampai pemberitahuan lebih lanjut," ungkap Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan.

Ribuan orang terdampar karena maskapai penerbangan yang terkena dampak tidak hanya yang mendarat di Pakistan, tetapi juga yang terbang di wilayah udara, salah satu rute utama dari Asia Tenggara ke Eropa.

Thai Airways mengumumkan bahwa seluruh rute Eropa yang berangkat jelang tengah malam pada 27 Februari hingga awal 28 Februari dibatalkan karena penutupan tiba-tiba wilayah udara Pakistan sebagai imbas dari ketegangan antara India dan Pakistan.

"Tidak ada penerbangan Thai Airways antara Bangkok dan London, Munich, Paris, Brussels, Milan, Wina, Stockholm, Zurich, Copenhagen, dan Oslo pada Kamis pagi," sebut maskapai itu.