Pengusaha Lebanon sumbang topi Hitler ke Israel

Abdallah Chatila mengatakan dia membeli barang-barang memorabilia Nazi untuk mencegahnya digunakan sebagai alat propaganda.

Kamp konsentrasi Auschwitz. / Pixabay

Seorang pengusaha asal Lebanon menyumbangkan barang-barang memorabilia Nazi yang dibelinya di sebuah pelelangan kontroversial di Jerman ke penggalang dana Israel.

Abdallah Chatila mengatakan dia membeli benda-benda tersebut untuk mencegahnya digunakan sebagai alat propaganda neo-Nazi.

Pengusaha yang tinggal di Swiss itu menyumbangkan barang-barang memorabilia Nazi, termasuk topi milik Adolf Hitler, kepada organisasi penggalangan dana resmi Israel, Keren Hayesod.

Organisasi itu disahkan oleh Knesset pada Januari 1956, memberinya status sebagai "lembaga nasional". Keren Hayesod berkoordinasi dengan pemerintah Israel dan Badan Yahudi untuk Israel dalam memajukan prioritas nasional negara itu dan masyarakatnya. 

Chatila dilaporkan menghabiskan sekitar 600.000 euro untuk 10 barang selama pelelangan yang diadakan oleh rumah lelang Hermann Historica. Dia masuk daftar 300 orang terkaya di Swiss.