Penutupan pemerintah AS belum menunjukkan tanda akan berakhir

Penutupan pemerintahan AS terjadi setelah Trump dan anggota parlemen gagal mencapai kata sepakat soal dana pembangunan dinding perbatasan.

Capitol Hill. / Pixabay

Pembicaraan untuk mengakhiri penutupan pemerintah Amerika Serikat atau government shutdown terhenti pada Rabu (26/12) malam. Para perunding dilaporkan membuat sedikit kemajuan, sementara Donald Trump berjanji untuk melakukan apa pun untuk mendapatkan dana bagi pembangunan tembok perbatasan yang menjadi salah satu janji kampanyenya.

Capitol Hill tetap tenang selama libur Natal. Tidak ada pemungutan suara yang dijadwalkan dan juga tidak ada tanda-tanda bahwa anggota parlemen akan kembali ke Washington sebelum sesi Kongres berikutnya dimulai pada 3 Januari.

Trump yang pada hari Rabu ditanya soal berapa lama menurutnya penutupan pemerintahan akan berlangsung tetap memegang teguh posisinya.

"Apa pun yang harus dilakukan, kita akan mendapatkan dana untuk membangun dinding perbatasan. Kita akan memiliki keamanan. Kita butuh keamanan bagi negara kita," tutur presiden ke-45 AS tersebut.

Pendanaan untuk sekitar seperempat lembaga pemerintahan berakhir pada Jumat (21/12) malam setelah anggota parlemen dan Gedung Putih gagal mencapai kesepakatan tentang jumlah dana pembangunan dinding perbatasan untuk dimasukkan dalam paket pengeluaran yang harus diloloskan.