Perdana, Kim Jong-un dan Putin bertatap muka di Vladivostok

Kim Jong-un dan Putin sepakat untuk membangun hubungan yang lebih dekat.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam upacara penyambutan di sebuah stasiun kereta di timur jauh perumahan Khasan, Rusia, Rabu (24/4). ANTARA FOTO/Press Service of Administration of Primorsky Krai/Alexander Safronov/Handout via REUTERS

Kamis (25/4), menjadi hari bersejarah bagi Korea Utara dan Rusia. Hari ini merupakan kali pertama pemimpin kedua negara bertemu setelah kunjungan Kim Jong-il ke Negeri Beruang Merah pada 2011.

Pertemuan Kim Jong-un dan Presiden Vladimir Putin berlangsung di Far Eastern Federal University, Vladivostok. Putin tiba lebih dulu, keduanya saling melepas senyum sebelum akhirnya berjabat tangan dan berpose untuk awak media.

Dalam pernyataan singkat sebelum pembicaraan tertutup antar keduanya, Kim Jong-un dan Putin sepakat untuk membangun hubungan yang lebih dekat.

"Saya rasa ini akan menjadi pertemuan yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan hubungan kedua negara, yang memiliki persahabatan dan sejarah yang panjang, menjadi lebih stabil dan sehat," ungkap Kim Jong-un. "Karena dunia terfokus pada Semenanjung Korea, saya rasa dialog kami akan penting."

Sementara itu, Putin mengatakan kepada Kim Jong-un bahwa dia mendukung upaya berkelanjutan untuk meredakan ketegangan di Semenanjung Korea dan ingin meningkatkan hubungan ekonomi.