Peringati 70 tahun hubungan diplomatik, RI-AS luncurkan prangko

Relasi diplomatik RI-AS terjalin sejak 28 Desember 1949 dan kini hubungan bilateral kedua negara berstatus strategic partnership.

Dubes AS Joseph R. Donovan (ketiga dari kiri) dan Wakil Menteri Luar Negeri RI A. M. Fachir (keempat dari kiri) dalam acara peluncuran prangko dan program

Kementerian Luar Negeri RI bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia dan Pos Indonesia menerbitkan prangko untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Prangko tersebut bergambar spesies penyu belimbing yang bertelur di wilayah timur Indonesia dan hidup di perairan pantai barat AS.

"Spesies ini cerminan dari hubungan kemitraan yang melintasi samudra, di mana kedua negara berharap dapat terus berkolaborasi demi kesejahteraan masyarakat dan dunia," tutur Wakil Menteri Luar Negeri RI A. M. Fachir dalam pidato sambutannya di Kemlu RI, Jakarta, Rabu (10/4).

Rencananya, prangko tersebut akan dicetak sebanyak 1.000 buah dan salah satunya akan dipajang di Museum Prangko Indonesia.

Selain menerbitkan prangko, AS dan Indonesia bekerja sama meluncurkan program bersama bertajuk "#IndonesiaUSA 70th Youth Ambassadors".