Pertemuan KTT G20 bahas permasalahan yang terjadi di Afghanistan

Sejak Taliban ambil alih Afghanistan pada 15 Agustus 2021, Afghanistan mengalami kehancuran ekonomi, dan meningkatkan eksodus pengungsi.

Foto Ilustrasi. Net

Italia akan menjadi tuan rumah untuk pertemuan KTT G20 pada Selasa (12/10). Fokus dari pembahasan pada pertemuan ini adalah tentang permasalahan yang terjadi di Afghanistan, yaitu krisis kemanusiaan setelah kembalinya Taliban menguasai negara tersebut.

Sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada 15 Agustus 2021, Afghanistan telah mengalami kehancuran ekonomi, dan meningkatkan eksodus pengungsi.

Konferensi video, yang akan dimulai pukul 1 siang (1100 GMT) waktu setempat itu, akan fokus pada pembahasan bantuan untuk Afghanistan, kekhawatiran atas keamanan dan cara-cara menjamin perjalanan yang aman ke luar negeri bagi ribuan warga Afghanistan sekutu Barat yang masih berada di negara itu.

“Memberikan dukungan kemanusiaan menjadi hal yang sangat mendesak bagi kelompok yang paling rentan, terutama perempuan dan anak-anak, dengan tibanya musim dingin,” kata seorang pejabat yang mengetahui agenda KTT G20.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan bergabung dalam pertemuan KTT tersebut, dan menggaris bawahi peran sentral yang diberikan kepada PBB dalam mengatasi krisis yang terjadi karena banyak negara tidak ingin menjalin hubungan langsung dengan Taliban.