Pertemuan Putin dan Zelensky segera terealisasi?

Terjadi kemajuan yang cukup berarti untuk menyelesaikan konflik Rusia-Ukraina yang memungkinkan terjadinya pertemuan antara presiden.

Ilustrasi perang Ukraina-Rusia. Pixabay.

Negosiator utama Ukraina mengatakan, terjadi terjadi kemajuan yang cukup, pada pembicaraan Selasa (29/3) waktu setempat di Turki, untuk menyelesaikan konflik dengan Rusia yang memungkinkan terjadinya pertemuan antara presiden kedua negara.

"Hasil pertemuan cukup untuk terjadinya pertemuan di tingkat para pemimpin," kata perunding Ukraina David Arakhamia.

Di sisi lain, seorang perunding Rusia menyambut baik kemajuan "bermakna" dengan perwakilan Ukraina pada pembicaraan damai di kota Istanbul Turki, lebih dari sebulan setelah Rusia menginvasi tetangganya.

Diskusi berfokus pada situasi kemanusiaan di wilayah Ukraina yang dilanda perang serta tuntutan Rusia agar Ukraina menjadi negara netral, di antara isu-isu lainnya.

Sementara itu, Ukraina juga menyerukan kesepakatan internasional di mana negara lain akan menjamin keamanannya. Negosiator Ukraina David Arakhamia mengatakan kepada wartawan bahwa jaminan itu, harus menyerupai Pasal 5 NATO yang mewajibkan anggota aliansi untuk saling membela.