Pete Buttigieg mundur dari perlombaan menuju Gedung Putih

Pete Buttigieg dilaporkan akan mengumumkan keputusannya untuk mundur pada Minggu malam waktu setempat.

Mantan Wali Kota South Bend Pete Buttigieg (38). Instagram/@pete.buttigieg

Pete Buttigieg (38) mengakhiri kampanyenya untuk merebut kursi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat. Kabar ini dikonfirmasi dua sumber kepada The Guardian dan saat ini Buttigieg disebut tengah dalam perjalanan kembali ke South Bend, kota asalnya di Indiana, di mana dia akan berbicara pada Minggu malam waktu setempat.

Buttigieg, yang merupakan mantan Wali Kota South Bend, tidak pernah memegang jabatan di tingkat negara bagian atau nasional. Tapi dia dianggap cukup berhasil dalam kampanye kandidat capres AS, dengan memenangkan Kaukus Iowa lewat selisih ketat dengan Bernie Sanders (78), dan menempati urutan dua dalam pemilihan primer di New Hampshire.

Bagaimanapun Buttigieg tidak dapat membuat kemajuan di Nevada dan South Carolina, dua negara bagian pertama yang memiliki blok suara minoritas yang berpengaruh.

Joe Biden (77), mantan wapres pada era Barack Obama, memenangkan pemilihan primer di South Carolina pada Sabtu (29/2) dengan selisih besar. Momen yang dinantikan berikutnya adalah Super Tuesday, pada Selasa (3/3), ketika 14 negara bagian, Samoa Amerika dan Demokrat yang tinggal di luar negeri memberikan suara.

Biden dilaporkan berusaha mendapat dukungan dari Buttigieg dengan keyakinan bahwa dirinya adalah pilihan moderat dibanding Sanders.