Pidato kenegaraan Putin, peringatan bagi Amerika Serikat

Rusia akan merespons bila AS menempatkan rudal baru di Eropa.

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov di Kremlin di Moskow, Rusia, Sabtu (2/2/2019). ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS

Presiden Vladimir Putin dalam pidaro kenegaraannya pada Rabu (20/2), memperingatkan Amerika Serikat agar tidak menempatkan rudal baru di Eropa. Dia menegaskan, Rusia, akan membalas dengan menerjunkan senjata baru yang akan cepat mencapai target.

Putin tidak menjelaskan senjata apa yang dimaksudnya, namun pernyataannya dinilai semakin meningkatkan ketegangan dengan Washington.

Dalam kesempatan yang sama, Putin menuduh AS meninggalkan Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) Treaty untuk melancarkan pembangunan rudal baru dan mencoba untuk mengalihkan kesalahan terkait itu ke Rusia.

"AS seharusnya mengatakan dengan jujur daripada membuat tuduhan yang tidak berdasar terhadap Rusia untuk membenarkan penarikan mereka dari perjanjian itu," ujar Putin.

Negeri Paman Sam menuding Rusia melanggar INF dengan mengerahkan rudal jelajah yang melanggar batas. Moskow membantahnya.