Pimpin pertemuan ASEAN-Rusia, Menlu RI dorong kerja sama vaksin

Pertemuan tersebut membahas kerja sama kemitraan strategis ASEAN dan Rusia yang pada 2021 memasuki tahun ke-25.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat memimpin Pertemuan Khusus Tingkat Tinggi Menteri ASEAN-Rusia yang dilaksanakan secara virtual dari Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, pada Selasa (6/7). / Kemlu RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Rusia Sergey Lavrov pada Selasa (6/7) bersama memimpin Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Rusia yang dilaksanakan secara virtual dari Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta.

Pertemuan tersebut membahas kerja sama kemitraan strategis ASEAN dan Rusia yang pada 2021 memasuki tahun ke-25. Menlu Retno juga mendorong penguatan kerja sama dalam sektor kesehatan, khususnya penanganan pandemik dan pemulihan ekonomi.  

"Peningkatan kasus Covid-19, kemunculan berbagai varian baru, serta kesenjangan vaksinasi global merupakan pengingat bahwa ASEAN dan Rusia harus bekerja sama lebih baik dalam menghadapi pandemik," ujar Menlu RI dalam pidato pembukaannya seperti dikutip dari keterangan resmi Kemlu RI.

Di sisi lain, lanjut Retno, upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan tetap menjadi perhatian utama.

Lebih lanjut, Menlu Retno menyampaikan dua isu utama pada pertemuan, yang pertama mengenai kerja sama penanganan pandemik. Dia mendorong Rusia untuk mendukung pemenuhan kebutuhan vaksin di kawasan melalui doses-sharing, memprioritaskan negara ASEAN sebagai penerima vaksin Rusia, serta menjajaki kemungkinan joint-production dengan negara anggota ASEAN.