PM Inggris akan buat keputusan sulit agar ekonomi tumbuh

Truss mengatakan pada Kamis (29/9), bahwa Inggris sedang menghadapi "masa ekonomi yang sangat sulit".

Perdana Menteri Inggris Liz Truss. Foto twitter.com/trussliz

Perdana Menteri Inggris Liz Truss, telah membela rencana perekonomiannya dan mengabaikan reaksi negatif dari pasar keuangan. Dia juga mengatakan, akan membuat suatu keputusan yang sulit untuk membuat ekonomi tumbuh. 

Dalam komentar publik pertamanya sejak pengumuman pemotongan pajak tanpa biaya yang mengguncang pasar dan mendorong pound ke rekor terendah, Truss mengatakan pada Kamis (29/9), bahwa Inggris sedang menghadapi "masa ekonomi yang sangat sulit".

Namun dia mengatakan, masalahnya bersifat global dan didorong oleh invasi skala penuh Rusia ke Ukraina.Truss berbicara setelah Bank of England mengambil tindakan darurat pada Rabu. 

Dia juga memaparkan akan menstabilkan pasar keuangan Inggris dan mencegah krisis dalam ekonomi yang lebih luas setelah pemerintah menakuti investor dengan program pemotongan pajak yang tidak didanai, mengirim pound jatuh dan melonjaknya biaya utang pemerintah.

Truss mengatakan kepada radio lokal BBC bahwa, "kami harus mengambil tindakan segera untuk membuat ekonomi tumbuh, membuat Inggris bergerak dan juga menangani inflasi".