PM Inggris: Anda harus berdiam diri di rumah

Kematian akibat Covid-19 di Inggris melonjak 54 jadi 336 termasuk satu di Cayman Island pada Senin (23/3).

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat meninggalkan Downing Street di London, Rabu (12/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay

Perdana Menteri Boris Johnson pada Senin (23/3) memerintahkan rakyat Inggris untuk tetap di rumah demi menghentikan penyebaran coronavirus jenis baru, menerapkan pembatasan pada kehidupan sehari-hari.

PM Johnson sendiri telah menolak tekanan untuk memberlakukan karantina wilayah penuh bahkan ketika negara-negara Eropa lain melakukannya, tetapi dia dinilai terpaksa mengubah taktik menyusul proyeksi yang menunjukkan bahwa sistem kesehatan Inggris dapat kewalahan.

Kematian akibat Covid-19 di Inggris melonjak 54 jadi 336 termasuk satu di Cayman Island pada Senin saat pemerintah mengumumkan bahwa militer akan membantu mengirimkan jutaan peralatan perlindungan diri termasuk masker kepada para petugas kesehatan yang mengeluhkan kekurangan. 

Inggris mencatat lebih dari 6.600 kasus, di mana 140 di antaranya, termasuk yang ada di Gibraltar telah dinyatakan sembuh. 

"Mulai malam ini saya harus memberi instruksi sederhana kepada rakyat Inggris, Anda harus berdiam diri di rumah," ujar PM Johnson dalam pidato yang disiarkan di televisi.