PM Inggris Boris Johnson temui Zelenskyy di Kiev: Berani atau memang sudah aman?

Perjalanan Johnson ke Kiev berjarak seminggu setelah kota itu lepas dari pengepungan Rusia

Pertemuan Boris Johnson dan Zelensky di Kiev, Ukraina. Foto Twitter Kedubes Inggris di Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjamu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di Kiev pada hari Sabtu. Tidak jelas jaminan seperti apa yang membuat Johnson berani ke ibu kota Ukraina itu.

Perjalanan Johnson ke Kiev berjarak seminggu setelah kota itu lepas dari pengepungan Rusia yang membuat sebagian pinggiran kota dan kota-kota terdekat hancur. Ini merupakan kunjungan paling menyita perhatian dari seorang pemimpin NATO ke Ukraina sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari. 

Sebuah video yang dipublikasikan Kedutaan Besar Ukraina di Inggris di Twitter menunjukkan Johnson dan Zelensky berjalan di sekitar Kiev. Mereka dikelilingi oleh penjaga bersenjata. 

Kedutaan Besar Ukraina di Inggris pertama kali men-tweet foto kedua pemimpin pada Sabtu pagi. BBC melaporkan perjalanan itu tidak hanya "pertunjukan solidaritas dengan rakyat Ukraina" tetapi juga untuk membahas dukungan ekonomi dan militer Inggris yang berkelanjutan untuk Ukraina.

Kunjungan itu juga dilakukan hanya sehari setelah pemerintah Inggris mengumumkan paket baru bantuan militer ke Ukraina, termasuk sistem anti-tank NLAW dan Javelin, amunisi, dan sistem pertahanan udara Starstreak.