PM Italia diberi mandat untuk bentuk pemerintahan baru

Sembilan hari setelah dia mengundurkan diri, Giuseppe Conte telah kembali sebagai perdana menteri untuk memperbaiki pemerintahan Italia.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte. Twitter/@GiuseppeConteIT

Sembilan hari setelah dia mengundurkan diri, Giuseppe Conte telah kembali sebagai perdana menteri untuk memperbaiki keretakan pemerintahan Italia.

Presiden Italia Sergio Mattarella kembali menunjuk Conte sebagai perdana menteri pada Kamis (28/8), ketika krisis politik yang melanda negara dalam beberapa pekan terakhir mulai mereda.

Conte mengatakan, sekarang adalah saatnya untuk mengubah krisis menjadi peluang. Dia menyatakan itu setelah menerima mandat untuk membentuk pemerintahan baru yang dapat menjadi titik balik dalam hubungan Italia dengan Uni Eropa.

Presiden Mattarella meminta Conte untuk mengamankan pakta antara Gerakan Lima Bintang (M5S) dan Partai Demokrat (PD). Langkah itu akan menyingkirkan Partai Liga dari jajaran pemerintahan dan mencegah terjadinya pemilu lebih awal.

"Ini adalah masa yang sulit bagi Italia dan kita harus segera keluar dari ketidakpastian politik ini," kata Conte setelah pertemuan dengan Presiden Mattarella pada Kamis. "Ini akan menjadi musim yang baru ... Italia akan memiliki pemerintahan yang bekerja untuk warga dan memodernisasi negara."