PM Jepang Kishida meraih kemenangan yang mengejutkan

LDP mengklaim 261 kursi, turun dari sebelumnya sebanyak 276 kursi. Itu cukup untuk memberinya kendali atas komite parlemen.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. Foto Bloomberg

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, pada Senin (1/11) bersiap untuk menangani keputusan kebijakan utama, termasuk mencoba meloloskan anggatan tambahan, setelah memimpin pastainya yang berkuasa, meraih kemenangan pemilihan yang secara tidak terduga.

Di saat yang bersamaan, saham melonjak ke level tertinggi. Di tengah kelegaan Partai Demokrat Liberal (LDP) berhasil mempertahankan mayoritas satu partainya, yang bertentangan dengan prediksi. Meskipun demikian LDP kehilangan beberapa kursi, termasuk kursi sekretaris jenderal partai Akira Amari.

"Kecenderungan keseluruhan mendukung stabilitas. LDP membersihkan rintangan yang harus dihadapinya. Kami akan melihat banyak stimulus," kata Tobias Harris, seorang rekan senior di Center for American Progress.

Saham Jepang melonjak pada Senin, dengan indeks Nikkei mencapai tertinggi sepanjang satu bulan terakhir, di tengah harapan untuk pemerintahan yang stabil dan lebih banyak pengeluaran pemerintah.

Pada akhirnya, LDP mengklaim 261 kursi, turun dari sebelumnya sebanyak 276 kursi. Kendati begitu, itu cukup untuk memberinya kendali atas komite parlemen dan memudahkan pengesahan undang-undang, termasuk proposal anggaran utama.