PM Kanada puji respons Korea Selatan dalam menangani Covid-19

Trudeau menilai bahwa Korea Selatan berhasil belajar dari pengalamannya ketika menghadapi wabah MERS pada 2015.

Seorang pekerja layanan penyemprotan disinfektan membersihkan bagian dalam perumahan wilayah kumuh di Seoul, Korea Selatan, Senin (16/3), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Kamis (26/3) dilaporkan memuji Korea Selatan dalam menanggapi krisis coronavirus jenis baru. Hal tersebut disampaikan PM Trudeau saat mengadakan pembicaraan telepon dengan Presiden Moon Jae-in selama setengah jam.

"PM Trudeau memuji Negeri Ginseng atas penanganan krisis berbasis sains tanpa beban berlebihan pada sistem medis dan berujung pada prestasi dalam melindungi keselamatan rakyat," ujar juru bicara Blue House Kang Min-seok.

Trudeau disebut juga mengatakan bahwa Korea Selatan berhasil belajar dari pengalamannya setelah menghadapi wabah MERS pada 2015.

Kanada pun berencana mengikuti model yang mirip dengan langkah-langkah yang diterapkan Korea Selatan, menekankan bahwa pengujian dan pelacakan yang luas dan cepat sangat penting dalam mencapai keberhasilan.

Sementara itu, dalam percakapannya via teleponnya dengan PM Trudeau, Presiden Moon menjelaskan secara rinci tentang langkah-langkah pemerintahannya dan menggarisbawahi bahwa Seoul bersedia untuk berbagi pengalaman dan data klinis yang relevan dengan komunitas internasional.