PM Malaysia Mahathir hanya akan menjabat 1-2 tahun

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad hanya akan menjabat 1-2 tahun dan akan diserahkan kepada Anwar Ibrahim yang masih dipenjara.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad hanya akan menjabat 1-2 tahun dan akan diserahkan kepada Anwar Ibrahim yang masih dipenjara. / Antara Foto

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad hanya akan menjabat 1-2 tahun dan akan diserahkan kepada Anwar Ibrahim yang masih dipenjara.

PM baru Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan hal tersebut pada Selasa (15/5). Mahathir yang berusia 92 tahun itu mengatakan bahwa "dalam waktu singkat", pemerintah dapat memerkarakan pendahulunya, Najib Razak, yang dirundung skandal miliaran dollar AS pada dana negara di 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Koalisi empat partai pimpinan Mahathir dan Anwar menang pemilihan umum pada pekan lalu, mengalahkan koalisi Barisan Nasional, yang berkuasa untuk pertama kali dalam sejarah negara Asia Tenggara itu. Mahathir dilantik menjadi perdana menteri pada Kamis, menjadikannya pemimpin tertua di dunia, yang dipilih secara demokratis.

"Dalam tahap awal, mungkin berlangsung satu atau dua tahun, saya akan menjadi perdana menteri," kata Mahathir, berbicara melalui tautan video langsung dari Kualalumpur ke konferensi pemimpin eksekutif "Wall Street Journal" di Tokyo, dilansir Reuters dan Antara.

"Saya akan memainkan peranan dasar bahkan ketika saya mengundurkan diri," katanya.