Polisi Australia dicecar untuk jelaskan aksi penyetruman nenek 95 tahun

Tim insiden kritis sekarang sedang menyelidiki insiden tersebut dan akan ditinjau secara independen.

Clare Nowland. Foto: Nzherald

Polisi Australia tengah mendapat sorotan tajam karena menyetrum Clare Nowland, nenek berusia 95 di sebuah panti jompo. Publik pun mencecar polisi memberi penjelasan detil peristiwa itu. 

Menurut polisi Negeri Kanguru itu, Clare Nowland ditemukan memegang pisau steak bergerigi di Yallambee Lodge di Cooma. Polisi dipanggil ke kediaman untuk membantu melucuti senjatanya.

Polisi menuduh dia masih menghunus pisau ketika mereka tiba di fasilitas perawatan lansia. Setelah petugas gagal membuatnya menjatuhkan pisaunya, Nona Nowland terkena Taser (penyetrum), menyebabkan dia jatuh dan kepalanya terbentur. Dia sekarang berjuang untuk hidup di rumah sakit.

Asisten Komisaris Polisi NSW Peter Cotter menekankan penyelidikan dilakukan dengan sangat serius, tetapi pada beberapa kesempatan menolak untuk mengatakan apakah menurutnya seorang petugas polisi dengan pengalaman 12 tahun menggunakan kekuatan berlebihan dengan menembakkan senjata bius ke Nowland, yang tingginya 1,57 meter dan beratnya 43 kilogram.

"Saya bukan penyidik, saya tidak dalam posisi untuk membicarakan apakah petugas ini akan atau tidak akan menghadapi tuntutan pidana," katanya.