Polisi Kanada ancam segera bubarkan demonstran penolak vaksin Covid-19

Sejak kemarin (17/2) polisi mulai melakukan penangkapan demonstran.

ilustrasi. foto Pixabay

Kepolisian Kanada memperingatkan para pengunjuk rasa yang menduduki Ibu Kota Ottawa tengah tentang tindakan pembersihan menyusul penangkapan sejumlah demonstran pada Kamis (17/2). 

Pada pekan sebelumnya pembubaran pengunjuk rasa juga dilakukan di Ambassador Bridge di perbatasan Kanada dan Amerika Utara. Aktor utama dalam dua unjuk rasa ini adalah pengemudi truk yang menentang mandat vaksin bagi pelaku perjalanan lintas negara Kanada-Amerika.

Seperti dikutip Reuters, Jumat (18/2), pengemudi truk yang menentang mandat virus corona telah memblokir jalan di pusat Kota Ottawa selama hampir tiga minggu, bersamaan dengan unjuk rasa pemblokiran Ambassador Bridge.

Ancaman denda dan penjara membantu meyakinkan pengunjuk rasa untuk mundur minggu ini dari empat titik perbatasan AS. Namun, polisi telah mengeluarkan peringatan serupa di Ottawa. Kepala Polisi sementara Steve Bell mengatakan aparat berkomitmen untuk mengusir pengunjuk rasa. 

"Kami telah memperkuat sumber daya kami, mengembangkan rencana yang jelas dan bersiap untuk mengambil tindakan. Tindakan itu sudah dekat," kata Bell kepada wartawan.