Presiden Jokowi dorong sinergi ASEAN untuk tangani Covid-19

Presiden Jokowi menyampaikan empat hal terkait penanganan coronavirus jenis baru oleh ASEAN.

Presiden Joko Widodo saat mengikuti KTT Khusus ASEAN secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4). / Sekretariat Kabinet RI

Presiden RI Joko Widodo mendorong ASEAN untuk bersatu, bersinergi, dan berkolaborasi melawan pandemik coronavirus jenis baru. Demikian disampaikannya saat mengikuti KTT Khusus ASEAN Tentang Covid-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (14/4).

"Kita tidak punya pilihan lain kecuali menang melawan virus ini. Bersatu, bersinergi, dan berkolaborasi adalah jawabannya," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Kabinet RI.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa Covid-19 telah menjadi musuh bersama yang memukul ekonomi dunia, demikian pula terhadap ekonomi ASEAN yang diprediksi hanya akan tumbuh sekitar 1% pada tahun ini.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan empat hal terkait penanganan coronavirus jenis baru oleh ASEAN.

"Pertama, kita harus memutus mata rantai penyebaran virus di negara masing-masing dan di kawasan ASEAN. Selain itu, kita juga harus memutus risiko penularan virus melewati perbatasan," jelas dia.