Presiden Jokowi imbau peningkatan kerja sama maritim ASEAN-India

Kerja sama maritim harus ditingkatkan untuk memastikan terwujudnya keamanan hingga memperkuat pertumbuhan ekonomi serta perdamaian.

Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden RI Joko Widodo, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam KTT Asia Timur (EAS) ke-13 di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis (15/11). Biro Pers Setpres/Laily Rachev

Kerja sama maritim harus ditingkatkan untuk memastikan terwujudnya keamanan maritim, sehingga dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, serta perdamaian dan stabilitas. 

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit yang digelar di Suntec Convention Centre, Singapura, pada Kamis (15/11).

"Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden yang diterima Alinea.id pada Kamis (15/11).

Presiden Jokowi meyakini bahwa semua upaya tersebut bisa dicapai bila kita memperkuat kawasan Indo-Pasifik yang mengedepankan kerja sama maritim, konektivitas, dan pembangunan berkelanjutan, bukan mengedepankan persaingan.

"Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita," tutur Presiden.