Presiden Korea Selatan deklarasi perang lawan coronavirus

Korea Selatan mencatat jumlah infeksi coronavirus jenis baru terbesar di luar China.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan bahwa negara itu telah memasuki masa perang melawan coronavirus jenis baru. Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam pertemuan kabinet pada Selasa (3/3).

"Krisis di Kota Daegu dan Provinsi North Gyeongsang mencapai puncaknya dan kini seluruh negeri telah memasuki perang melawan wabah tersebut," tegas Moon Jae-in.

Presiden Moon Jae-in meminta seluruh organisasi pemerintah untuk meningkatkan prosedur tanggap darurat sampai krisis penyebaran wabah coronavirus jenis baru di negara itu dapat diatasi.

Korea Selatan mencatat jumlah infeksi coronavirus jenis baru terbesar di luar China. Hingga saat ini, Negeri Ginseng mengonfirmasi 4.812 kasus, dengan 90% kasus penularan terjadi di Kota Daegu, serta 29 kematian.

Atas kekhawatiran merebaknya coronavirus di Korea Selatan, pemerintah setempat telah membatalkan 2020 International Seoul Marathon yang dijadwalkan berlangsung pada 22 Maret. Situs penyelenggara lomba tersebut menyatakan bahwa mereka akan secara penuh mengembalikan uang pendaftaran kepada setiap peserta.