Presiden Korsel dan PM Jepang bertemu pertama kali sejak cekcok

Pertemuan Presiden Korea Selatan dan PM Jepang berlangsung selama 11 menit di sela-sela KTT ASEAN di Bangkok, Thailand. 

Ilustrasi / Pixabay

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Senin (4/11) menyarankan dilakukannya pembicaraan tingkat tinggi untuk menyelesaikan pertikaian politik dan perdagangan yang semakin dalam dengan Jepang. Hal tersebut disampaikannya selama pertemuan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe hari ini.

Pemimpin kedua negara sekutu utama Amerika Serikat di Asia itu berlangsung selama 11 menit di sela-sela KTT ASEAN di Bangkok, Thailand. 

"Kedua pemimpin menegaskan kembali prinsip bahwa persoalan bilateral harus diselesaikan lewat dialog," ujar Ko Min-jung, juru bicara Presiden Moon, meruju pada pembicaraan tingkat kerja yang tengah berlangsung antara kementerian luar negeri dua negara.

"Presiden Moon menawarkan pembicaraan level lebih tinggi jika perlu, dan PM Abe menyarankan untuk mencari solusi melalui semua jalan yang tersedia."

Pertemuan Moon dan Abe terjadi kala relasi bilateral Seoul dan Tokyo merosot ke level terendah dalam beberapa dasawarsa setelah pengadilan tinggi Korea Selatan tahun lalu memerintahkan sejumlah perusahaan Jepang untuk memberi kompensasi bagi pekerja paksa semasa perang.