Presiden Prancis diselamatkan payung ala James Bond

Serangan itu menyusul insiden tahun lalu ketika Macron ditampar wajahnya oleh seorang pria saat melakukan kunjungan resmi di Prancis selatan

Emanuel Macron diserang tomat. Foto Metro

Petugas keamanan Presiden Prancis Emmanuel Macron terpaksa memasang payung pelindung khusus setelah Macron dilempari tomat dalam perjalanan pertamanya sejak terpilih kembali sebagai presiden Prancis.

Tomat-tomat itu tampaknya nyaris mengenai presiden ketika mereka dilemparkan ke arahnya saat berjalan-jalan di sebuah pasar di pinggiran kota Paris.

Video menunjukkan tomat mengenai seorang dan pengawal Macron segera membuka payung ala James Bond setelah meneriakkan “proyektil”.

Perangkat Kevlar khusus – yang dikenal sebagai paraPactum – dapat menahan serangan dengan pisau, anjing, dan bahkan bola petanque, menurut perancangnya. Payung itu dibawa ke gudang senjata lysée di bawah Nicolas Sarkozy, pendahulu Macron. Harganya sekitar €10.000 dan tersedia dalam tas hitam yang aman. Bahannya telah diuji tahan asam.

Perangkat ini juga dirancang untuk menahan keramaian, dan dapat mengatasi tekanan 100kg. Ini tahan air dan pembuatnya bersikeras itu tidak akan runtuh dalam tiupan angin 200kmh.