Protokol haji, Saudi larang jemaah sentuh Ka'bah dan Hajar Aswad

Saudi melarang jemaah haji masuk ke Mina dan Muzdalifah.

Ilustrasi musim haji/Foto Pixabay

Lonjakan kasus Covid-19 di seluruh dunia mendorong Arab Saudi mengeluarkan sejumlah protokol kesehatan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para jemaah haji tahun ini.

Protokol yang dikeluarkan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Arab Saudi (Weqaya) itu untuk mengurangi tingkat infeksi dan memastikan keselamatan para peziarah.

Mulai 19 Juli, pihak berwenang akan melarang semua masuk ke Mina, Muzdalifah, dan Arafah tanpa izin. Panduan atau pedoman keselamatan akan dipasang di seluruh area dan ditulis dalam berbagai bahasa yang mencakup peringatan infeksi Covid-19, protokol cuci tangan, etiket bersin dan batuk, serta penggunaan penyanitasi tangan berbasis alkohol.

Penyelenggara harus mendistribusikan jemaah haji di daerah tawaf di sekitar Ka'bah untuk mengurangi kepadatan penduduk sambil mematuhi jarak 1,5 meter antarindividu.

Begitu pula di tempat Sai, ritual berjalan antara Safa dan Marwah. Penyelenggara harus mengatur jemaah berjalan mengikuti garis yang telah ditetapkan agar dapat menjaga jarak.