Putin sebut masalah pangan akibat sanksi terhadap pelabuhan Rusia

Menciptakan masalah dengan asuransi kargo, dengan pengiriman, dan semua yang menghasilkan masalah tertentu untuk pasar makanan dan pupuk.

Presiden Rusia Vladimir Putin. © Mikhail Metzel/POOL/TASS

Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan kalau Rusia tidak memiliki batasan ekspor pupuk dan makanan

“Saya ingin segera mencatat bahwa kami tidak memiliki batasan untuk ekspor pupuk. Awal tahun lalu, kami awalnya berpikir untuk mendukung pertanian kami sendiri, tetapi volume produksi pupuk di Rusia saat ini sedemikian rupa sehingga kami tidak memiliki batasan untuk pasokan pupuk ke pasar internasional. Begitu juga dengan makanan," kata Putin, Kamis (30/6) waktu setempat.

Rusia sendiri siap sepenuhnya memenuhi permintaan pupuk dari produsen pertanian dari negara sahabat, tambah kepala negara Rusia itu.

Untuk itu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga mendesak untuk mulai mengambil tindakan untuk menghindari situasi tragis di pasar pangan global.

Apalagi negara-negara Barat mulai "mengambil makanan dari pasar global dan harga bahan makanan melonjak secara dramatis" dalam rangka memerangi konsekuensi dari pandemi virus corona.