Putusan sidang ditunda, penahanan bos Huawei berlanjut

Meng Wanzhou ditangkap di Kanada pada Sabtu (1/12). Dia dituduh membantu Huawei mengakali sanksi AS terhadap Iran.

Ilustrasi / Pixabay

Direktur keuangan global Huawei masih harus menunggu satu hari lagi untuk mengetahui apakah dia dapat menghirup udara bebas dengan jaminan. Meng Wanzhou ditangkap di Kanada pada Sabtu (1/12) dan menghadapi upaya ekstradisi ke Amerika Serikat.

Sidang untuk menentukan apakah dia harus dibebaskan sebelum proses ekstradisi akan dilanjutkan pada Selasa (11/12) waktu setempat setelah dua hari argumen bergulir di pengadilan Kanada.

Meng Wanzhou ditangkap di Vancouver saat berganti pesawat. Dia ditahan atas permintaan Amerika Serikat.

Menurut jaksa Kanada, Meng Wanzhou dituduh membantu Huawei mengakali sanksi Amerika Serikat terhadap Iran. Penangkapan Meng Wanzhou yang juga putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei semakin meningkatkan ketegangan antara Beijing dan Washington di tengah upaya keduanya untuk bernegosiasi mengakhiri perang dagang.

David Martin, kuasa hukum Meng Wanzhou telah mengusulkan agar kliennya diizinkan tinggal di salah satu propertinya di Vancouver untuk sementara waktu. Martin menjelaskan bahwa Meng Wanzhou dapat dipantau secara ketat dan akan menanggung seluruh biaya keamanan terkait dirinya.