Raja Swedia coret lima cucunya dari tugas resmi kerajaan

Cucu-cucu Raja Carl XVI Gustaf yang "dibebastugaskan" tidak berhak menerima dana tahunan yang bersumber dari pajak.

Putri Mahkota Victoria bersama sang ayah, Raja Carl XVI Gustaf, dan anak sulungnya Putri Estelle. Sandra Birgersdotter Ek/The Royal Court of Sweden

Raja Swedia Carl XVI Gustaf telah mencoret lima nama cucunya dari anggota rumah tangga kerajaan. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk menetapkan anggota keluarga kerajaan mana yang akan menjalankan tugas-tugas resmi.

Anak-anak dari pasangan Pangeran Carl Philip dan Putri Sofia serta Putri Madeleine dan Christopher O'Neill tidak akan lagi menjadi anggota rumah tangga kerajaan.

Kendati demikian, Pangeran Alexander, Pangeran Gabriel, Putri Leonore, Pangeran Nicolas dan Putri Andrienne akan tetap menjadi bagian dari keluarga kerajaan. Hanya saja mereka tidak lagi menikmati fasilitas kerajaan dan di masa depan, mereka tidak diharapkan melakukan tugas-tugas resmi.

Para pangeran dan putri akan tetap mempertahankan gelar duke dan duchess yang telah diberikan oleh Raja Carl XVI Gustaf.

"Yang Mulia Raja dan Yang Mulia Putri Mahkota, bersama dengan Yang Mulia Ratu dan Yang Mulia Pangeran Daniel, merupakan perwakilan tertinggi Swedia dari kerajaan dan dalam berhadapan dengan negara lain," demikian maklumat Kerajaan Swedia seperti dikutip dari situs resmi mereka, kungahuset.se, Selasa (8/10).