logo alinea.id logo alinea.id

Raja Swedia coret lima cucunya dari tugas resmi kerajaan

Cucu-cucu Raja Carl XVI Gustaf yang "dibebastugaskan" tidak berhak menerima dana tahunan yang bersumber dari pajak.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Selasa, 08 Okt 2019 13:31 WIB
Raja Swedia coret lima cucunya dari tugas resmi kerajaan

Raja Swedia Carl XVI Gustaf telah mencoret lima nama cucunya dari anggota rumah tangga kerajaan. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk menetapkan anggota keluarga kerajaan mana yang akan menjalankan tugas-tugas resmi.

Anak-anak dari pasangan Pangeran Carl Philip dan Putri Sofia serta Putri Madeleine dan Christopher O'Neill tidak akan lagi menjadi anggota rumah tangga kerajaan.

Kendati demikian, Pangeran Alexander, Pangeran Gabriel, Putri Leonore, Pangeran Nicolas dan Putri Andrienne akan tetap menjadi bagian dari keluarga kerajaan. Hanya saja mereka tidak lagi menikmati fasilitas kerajaan dan di masa depan, mereka tidak diharapkan melakukan tugas-tugas resmi.

Para pangeran dan putri akan tetap mempertahankan gelar duke dan duchess yang telah diberikan oleh Raja Carl XVI Gustaf.

"Yang Mulia Raja dan Yang Mulia Putri Mahkota, bersama dengan Yang Mulia Ratu dan Yang Mulia Pangeran Daniel, merupakan perwakilan tertinggi Swedia dari kerajaan dan dalam berhadapan dengan negara lain," demikian maklumat Kerajaan Swedia seperti dikutip dari situs resmi mereka, kungahuset.se, Selasa (8/10).

"Yang Mulia Pangeran Carl Philip dan Putri Sofia serta Yang Mulia Putri Madeleine akan melanjutkan pekerjaan mereka di yayasan dan organisasi nirlaba yang telah mereka dirikan atau di mana mereka terlibat. Selain itu, mereka akan melakukan tugas resmi sejauh yang diputuskan oleh Yang Mulia."

Tentu, perubahan ini tidak memengaruhi dua cucu raja yang berada langsung pada garis suksesi.

Cucu-cucu Raja Carl XVI Gustaf yang "dibebastugaskan" tidak berhak menerima dana tahunan yang bersumber dari pajak atau yang dikenal sebagai appanage.

Sejarawan Swedia Dick Harrison menuturkan kepada BBC bahwa keputusan ini kemungkinan dibuat untuk memenuhi kebutuhan modern keluarga. Dia menjelaskan bahwa rumah tangga kerajaan telah tumbuh lebih besar dalam 100 tahun terakhir dan banyak yang berpikir tidak perlu membiayai banyak anggota untuk melakukan tugas-tugas resmi.  

"Disingkirkan dari royal house juga akan memungkinkan anak-anak itu menjalani kehidupan biasa. Mereka tidak perlu repot-repot dipagari, mereka dijadikan orang biasa tetapi masih anggota keluarga kerajaan," kata Harrison.

Swedia hanyalah salah satu dari sejumlah negara Eropa yang memiliki monarki. Lainnya termasuk Inggris, Norwegia, Denmark, Spanyol, Belanda dan Belgia.

Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dikaruniai tiga buah hati. Yang pertama adalah Putri Mahkota Victoria yang dipersunting oleh Olof Daniel Westling, lalu Putri Madeleine yang menikah dengan Christopher O'Neill dan yang ketiga adalah Pangeran Carl Philip yang beristrikan Sofia Kristina Hellqvist.