Respons serangan Iran, Trump: Semua baik-baik saja!

Trump menyatakan bahwa AS memiliki militer terkuat dan terlengkap di seluruh dunia.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara saat pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Ruang Oval Gedung Putih, Amerikat Serikat, 11 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Yuri Gripas

Iran meluncurkan lebih dari selusin rudal ke dua pangkalan militer di Irak yang menampung pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat. Serangan tersebut merupakan balasan atas kematian Qasem Soleimani pemimpin Pasukan Quds, unit elite Pengawal Revolusi Iran (IRGC).

Merespons serangan Iran tersebut, Presiden Donald Trump mentwit, "Semua baik-baik saja! Rudal diluncurkan dari Iran ke dua pangkalan militer yang berlokasi di Irak. Korban dan kerusakan tengah diteliti sekarang. So far, so good! Kita punya militer terkuat dan terlengkap di seantero jagat raya! Saya akan membuat pernyataan besok pagi."

All is well! Missiles launched from Iran at two military bases located in Iraq. Assessment of casualties & damages taking place now. So far, so good! We have the most powerful and well equipped military anywhere in the world, by far! I will be making a statement tomorrow morning. — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 8 Januari 2020

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS Jonathan Hoffman mengonfirmasi bahwa serangan Iran menargetkan dua pangkalan militer, Erbil dan Ain Al-Asad. 

"Dalam beberapa hari terakhir dan sebagai respons terhadap ancaman dan tindakan Iran, Kementerian Pertahanan telah mengambil semua langkah yang tepat untuk melindungi personel dan mitra kami," tegas Hoffman.