RI-Korsel teken perjanjian soal bebas visa hingga IK-CEPA

Penandatanganan tersebut dilakukan di sela-sela KTT ASEAN-Korea Selatan yang akan berlangsung hingga Selasa (26/11).

Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat menyaksikan penandatanganan tiga kerja sama di Busan, pada Senin (25/11). / setkab.go.id

Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyaksikan tiga penandatanganan perjanjian kerja sama dalam pertemuan bilateral di Hotel Westin, Busan pada Senin (25/11).

Penandatanganan tersebut dilakukan di sela-sela KTT ASEAN-Korea Selatan yang akan berlangsung hingga Selasa (26/11).

Perjanjian kerja sama pertama yang disepakati terkait bebas visa dinas dan diplomatik Indonesia-Korea Selatan. Penandatanganannya dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha.

Kedua pihak juga menyepakati "Joint Declaration on the Final Conclusion of the Negotiations of the Republic of Korea-Republic of Indonesia Comprehensive Partnership Agreement (IK-CEPA)". Jokowi menyambut baik selesainya perundingan IK-CEPA dan berharap dokumen final tersebut dapat ditandatangani pada awal 2020.

"IK-CEPA adalah simbol komitmen kedua negara dalam keterbukaan ekonomi dan dalam konteks kawasan. Saya berharap ini dapat diselesaikan tahun depan," kata Jokowi seperti dikutip dari setkab.go.id.