Robert Mugabe, 'from hero to zero'

Sempat dianggap sebagai pahlawan kemerdekaan Zimbabwe, pemimpin diktator itu disingkirkan oleh orang-orang yang berada di dekatnya.

Rober Mugabe. (foto: BBC)

Zimbabwe memasuki babak baru setelah Emmerson Mnangagwa menggantikan Robert Mugabe sebagai presiden. Mnangagwa kembali ke Zimbabwe pada Kamis (23/11) dinihari, setelah melarikan diri untuk keselamatan dirinya.

Sebelumnya, ia sempat dipecat oleh Mugabe sebagai wakil presiden pada dua pekan lalu. Namun, desakan terhadap Mugabe memuncak setalah muncul dugaan bahwa sosok yang telah memimpin sejak 1980 itu menyiapkan sang istri, Grace untuk menjadi penggantinya dan ingin membangun dinasti politik.

"Rakyat telah berbicara. Suara rakyat adalah suara Tuhan," kata Mnangagwa kepada ribuan pendukung yang berkumpul di luar kantor partai berkuasa Zimbabwe African National Union-Patriotic Front (ZANU-PF) di Ibu Kota seperti dikutip dari Antara, Jumat (24/11).

Kepemimpinan Mugabe

Mugabe mengawali karir politiknya sejak Zimbabwe berstatus sebagai koloni Inggris. Bahkan, ia sempat ditahan selama 10 tahun akibat aktivitas politiknya menentang warga warga kulit putih.