Rudal Ukraina serang kapal perang Rusia di pangkalan angkatan laut Krimea

Delapan rumah juga rusak akibat serangan itu, menurut media pemerintah Rusia TASS.

Asap mengepul dari galangan kapal di Sevastopol, Krimea pasca serangan rudal, 13 September 2023. Foto: CNN

Dua kapal perang Rusia rusak setelah Ukraina melancarkan serangan besar-besaran terhadap pangkalan perbaikan kapal Rusia di Krimea pada Rabu pagi. Aksi ini dianggap serangan paling ambisius yang dilakukan Kiev terhadap pelabuhan tersebut sejak perang dimulai.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan angkatan bersenjata Ukraina menyerang galangan kapal Sergo Ordzhonikidze di Sevastopol, yang digunakan Rusia sebagai pangkalan perbaikan Armada Laut Hitam, dengan 10 rudal jelajah dan tiga kapal tak berawak.

Kementerian mengatakan pasukan pertahanan udaranya menembak jatuh tujuh rudal dan kapal patroli Vasily Bykov menghancurkan semua kapal tersebut.

Namun para pejabat Rusia memastikan bahwa serangan itu telah merusak dua kapal perang Rusia dan menyebabkan 24 orang terluka.

Mikhail Razvozhaev, gubernur Sevastopol yang ditunjuk Rusia, kota terbesar di semenanjung Krimea Ukraina yang dianeksasi oleh pasukan Moskow pada tahun 2014, membenarkan adanya serangan besar tersebut. Video dan gambar yang konon berasal dari area tersebut, beberapa di antaranya diposting oleh Razvozhaev, menunjukkan kepulan asap besar dan api berkobar.