Rumsfeld, Menhan AS di perang Irak & Afghanistan meninggal dunia

Selama invasi AS ke Afghanistan, Rumsfeld sering muncul dan berbicara tentang perang. Ia terkenal blak-blakan dan tanpa kompromi.

Donald Rumsfeld, mantan Menteri Pertahanan AS di era Presiden George W Bush meninggal dunia. Ia adalah aktor kunci AS  saat perang Irak dan invasi ke Afghanistan. 

Rumsfeld, yang bertugas di Angkatan Laut AS pada 1950-an, menikmati karier politik yang panjang dan bertingkat di bawah empat presiden yang berbeda dan secara luas dianggap sebagai cerdas dan agresif, patriotik, cerdas secara politik dan visioner militer AS modern.

Namun, reputasi ini dinodai oleh perang yang panjang dan mahal di Irak. Dia adalah satu-satunya orang yang menjabat dua kali sebagai kepala Pentagon, pertama sebagai orang termuda yang pernah memegang posisi tersebut dari tahun 1975-77 dan kemudian sebagai yang tertua antara tahun 2001 dan 2006.

Pada tahun 2001, ia memulai masa jabatan keduanya sebagai Menteri Pertahanan di bawah Presiden George W Bush saat itu, tetapi rencana awalnya dibayangi oleh serangan teror 9/11. Rumsfeld melanjutkan untuk mengawal invasi berikutnya ke Afghanistan dan penggulingan Saddam Hussein di Irak tahun 2003.

Dia dua kali menawarkan pengunduran dirinya kepada Presiden Bush pada tahun 2004 di tengah pengungkapan bahwa pasukan AS telah melecehkan tahanan di penjara Abu Ghraib Irak - sebuah episode yang kemudian dia sebut sebagai saat tergelapnya sebagai menteri pertahanan.