Rusia catat rekor baru kasus harian Covid-19

Rusia mencatat total 18.328 kasus coronavirus jenis baru.

Petugas penegak hukum Rusia memakai masker pelindung setelah pemerintah kota mengumumkan lockdown parsial untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pusat Moskow, Senin (30/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Evgenia Novozhenina

Rusia pada Senin (13/4), melaporkan 2.558 kasus baru Covid-19. Itu merupakan rekor kenaikan harian, menjadikan total kasus nasional 18.328.

Pusat tanggap krisis coronavirus jenis baru Rusia mengatakan bahwa 148 orang yang didiagnosis dengan virus tersebut telah meninggal sejauh ini, meningkat 18 kasus dalam semalam.

Dari 18.328 total kasus di Rusia, 1.470 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, perbatasan timur laut dengan Rusia telah menjadi garis depan China saat ini dalam perang melawan kebangkitan Covid-19 ketika kasus positif Covid-19 harian di Tiongkok pada Minggu (12/4) naik ke level tertinggi sejak 5 Maret. Lebih dari 90% dari kasus baru melibatkan orang yang datang dari luar negeri.

Setelah cukup sukses menghentikan transmisi domestik Covid-19, China perlahan-lahan meredakan pembatasan pergerakan warganya, mencoba menghidupkan kembali perekonomian. Namun, di lain sisi ada kekhawatiran bahwa meningkatnya kasus impor dapat memicu gelombang kedua coronavirus jenis baru.