Rusia keluarkan ancaman: Setiap kapal laut ke Ukraina akan dianggap kargo militer!

Rusia juga menyatakan bagian tenggara dan barat laut perairan internasional Laut Hitam untuk sementara tidak aman untuk navigasi.

Ilustrasi. Foto: Feed Navigator

Rusia membuat peringatan kera kepada siapa pun yang masuk ke Ukraina melalui jalur laut. Setiap kapal yang masuk ke pelabuhan Laut Hitam Ukraina akan dinggap membawa kargo militer. 

Peringatan yang diumumkan Kamis ini, dilakukan setelah Ukraina mengatakan sedang menyiapkan rute pengiriman sementara untuk mencoba dan melanjutkan ekspor biji-bijiannya, Rabu (19/7).

Langkah kedua negara pada hari Rabu datang hanya beberapa hari setelah Rusia keluar dari kesepakatan - yang ditengahi oleh PBB dan Turki - yang memungkinkan ekspor biji-bijian Ukraina ke Laut Hitam dengan aman selama setahun terakhir, dan mencabut jaminan navigasi yang aman.

Ukraina telah menjelaskan bahwa pihaknya ingin mencoba dan melanjutkan pengiriman biji-bijian Laut Hitamnya dan mengatakan kepada badan pelayaran PBB, Organisasi Maritim Internasional (IMO), bahwa pihaknya telah "memutuskan untuk menetapkan rute maritim yang direkomendasikan secara sementara."

Tetapi Kementerian Pertahanan Rusia kemudian mengatakan akan menganggap semua kapal yang melakukan perjalanan ke Ukraina berpotensi membawa kargo militer dan "negara bendera kapal semacam itu akan dianggap sebagai pihak dalam konflik Ukraina".