Rusia: Mariupol takluk total

Kemenhan Rusia mengatakan total 2.439 pejuang Ukraina yang telah bersembunyi di pabrik baja Azovstal telah menyerah sejak Senin.

Pabrik baja Azovstal. Foto Tass

Rusia mengklaim telah merebut total Mariupol pada hari Jumat. Ini adalah kemenangan terbesar Rusia setelah pengepungan hampir tiga bulan yang membuat sebagian besar kota pelabuhan strategis itu menjadi reruntuhan. Lebih dari 20.000 warga sipil dikhawatirkan tewas, pihak Ukraina merilis.

Pembebasan total pabrik baja Azovstal di Mariupol yang merupakan benteng terakhir perlawanan Ukraina - dan kota secara keseluruhan dilaporkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu kepada Presiden Vladimir Putin. Hal itu disampaikan juru bicara Menhan Rusia, Igor Konashenkov. 

Tidak ada konfirmasi langsung dari Ukraina.

Kantor berita negara Rusia RIA Novosti mengutip kementerian yang mengatakan total 2.439 pejuang Ukraina yang telah bersembunyi di pabrik baja telah menyerah sejak Senin, termasuk lebih dari 500 pada hari Jumat.

Saat mereka menyerah, pasukan ditawan oleh Rusia, dan setidaknya beberapa dibawa ke bekas koloni penjara. Lainnya dikabarkan dirawat di rumah sakit.