Rusia tingkatkan serangan di sekitar Kota Bakhmut

Setelah pasukan Ukraina merebut kembali Kota Selatan Kherson pada November, pertempuran memanas di sekitar Bakhmut.

Tentara Ukraina mempersiapkan howitzer M777 yang dipasok AS untuk menembak posisi Rusia di wilayah Kherson, Ukraina, 9 Januari 2023. AP Photo/Libkos

Para pejabat Ukraina menyebutkan, pasukan Rusia meningkatkan serangan mereka terhadap posisi Ukraina di sekitar Kota Bakhmut yang hancur. Hal itu membawa tingkat kematian dan kehancuran baru dalam pertempuran selama berbulan-bulan, untuk menguasai Ukraina Timur yang merupakan bagian dari perang Moskow yang lebih luas.

“Semuanya benar-benar hancur. Hampir tidak ada nyawa yang tersisa,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Senin (9/1) malam waktu setempat, tentang pemandangan di sekitar Bakhmut dan Kota Soledar di Provinsi Donetsk, yang terkenal dengan penambangan dan pengolahan garam.

“Seluruh tanah di dekat Soledar ditutupi dengan mayat penjajah dan bekas serangan,” kata Zelenskyy. "Seperti inilah kegilaan itu." kata dia lagi

Pada Selasa (10/1) malam waktu setempat, Kepala Grup Wagner, kontraktor militer swasta Rusia, Dmitry Prigozhin, mengklaim dalam laporan audio yang diposting di platform media sosial Rusia, bahwa pasukannya telah menguasai Soledar, dengan pertempuran berlanjut di kota bagian tengah. Pejabat Ukraina tidak mengomentari klaim tersebut dan The Associated Press tidak dapat memverifikasinya.

Namun, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, bahwa pasukan Rusia bersama tentara dari Grup Wagner telah bergerak maju di Soledar dan “kemungkinan menguasai sebagian besar pemukiman.”