Saling percaya, perundingan ZEE Indonesia-Vietnam lancar

Sejauh ini serangkaian pertemuan untuk membahas penyelesaian batas maritim berlangsung dalam atmosfer positif.

Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Vietnam Pham Binh Minh saat bertatap muka pada Selasa (30/7), di Bangkok, Thailand. / Kementerian Luar Negeri RI

Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi menyatakan, hubungan bilateral Indonesia-Vietnam terus meningkat dalam berbagai bidang. Meski begitu, masih adalah masalah, yakni belum disepakatinya penyelesaian batas maritim (Zona Ekonomi Eksklusif/ZEE) antara kedua negara. 

"Masih ada wilayah yang tumpang tindih dan perlu dibahas serta disepakati jalan keluarnya bersama," tutur Dubes Ibnu dalam konferensi pers via telekonferensi video di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/8).

Ibnu menyampaikan bahwa kedua negara telah melakukan serangkaian pertemuan untuk membahas isu tersebut. Sejauh ini, lanjutnya, secara keseluruhan atmosfer pertemuan selalu positif.

Dari hasil serangkaian perundingan yang dilakukan perwakilan Indonesia dan Vietnam, sudah disepakati bahwa penyelesaian ZEE perlu dilakukan secepatnya.

Selain itu, Ibnu menegaskan bahwa menurut kedua negara, penyelesaian ZEE akan menjadi kontribusi positif bagi stabilitas Laut Cina Selatan.